35 Tempat Wisata Menarik Dan Populer di Jawa Tengah Terlengkap

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tempat Wisata Menarik Dan Populer di Jawa Tengah Terlengkap – Terdapat begitu banyak pilihan tempat wisata menarik di Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama ketika musim liburan dan di saat akhir pekan.

Terutama bagi Anda yang sedang merencanakan rekreasi bersama keluarga dalam waktu dekat ini, tempat-tempat wisata di Jawa Tengah meliputi, wisata air, wisata alam, wisata air terjun, wisata pantai, wisata pegunungan, serta tempat wisata Anak-anak.

Tempat Wisata Menarik Dan Populer di Jawa Tengah Terlengkap

Ada segudang tempat wisata yang bisa dijelajahi saat berkunjung ke Jawa Tengah. Berikut Rinciannya.

Tempat Wisata Menarik Dan Populer di Jawa Tengah Terlengkap

1). Candi Borobudur – Magelang

Candi Borobudur Magelang

Selain merupakan candi Buddha terbesar di dunia yang sarat akan nilai sejarah, Borobudur juga dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Di kompleks Candi Borobudur sendiri terdapat 1.460 relief dan 504 stupa yang hingga sekarang masih terjaga keasliannya.

Ikon wisata paling terkenal di Jawa Tengah adalah Candi Borobudur yang terletak di Magelang, tepatnya 40 km arah barat laut Yogyakarta. Tempat wisata di Jawa Tengah ini merupakan peninggalan agama Buddha di masa lampau.

Buka dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore, Candi Borobudur memiliki 504 stupa Buddha dan 1.460 relief dalam kompleksnya yang dapat dinikmati para pengunjung hanya dengan membayar Rp 12.500 untuk per anak, dan Rp 30 ribu untuk setiap orang dewasa.

2). Wisata Baturaden – Banyumas

Wisata Baturaden - Banyumas

Baturaden sendiri sangat terkenal berkat pemandian air panasnya (hot spring) yang bernama Pancuran Pitu dengan aroma belerang yang masih sangat kuat. Di sini juga terdapat hutan hijau Wana Wisata yang sangat cocok dijadikan area piknik dan berkemah dengan keluarga maupun bersama teman-teman.

Tempat wisata di Jawa Tengah lain yang sangat terkenal dan tidak boleh dilewatkan adalah Kawasan Wisata Baturaden yang terdapat di Banyumas, tepatnya di lereng bagian selatan Gunung Slamet.

Selain dapat merasakan hawa yang sejuk, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Kota Purwokerto, Pulau Nusakambangan, dan pantai-pantai indah yang terdapat di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

3). Air Terjun Kali Pancur – Semarang

Air Terjun Kali Pancur - Semarang

Air terjun yang satu ini mempunyai pemandangan yang indah, gua walet, dengan bebatuan besar di kiri dan kanannya. Air Terjun Kali Pancur tingginya kurang lebih 150 meter, mempunyai 900 anak tangga.

Jadi bila ingin berwisata ke sini, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan vit agar tidak mengalami lelah berlebihan tatkala menuruni dan mendaki anak tangga. Lokasinya di Desa Nogosaren, Semarang.

4). Taman Nasional Karimun Jawa – Jepara

Taman Nasional Karimun Jawa - Jepara

Taman Nasional Karimun Jawa sendiri sebetulnya merupakan sebuah cagar alam laut yang dilindungi Dinas Pariwisata setempat. Tidak hanya memiliki garis pantai yang indah, tempat wisata ini juga punya kekayaan laut yang begitu luar biasa, mulai dari ikan, terumbu karang, dan yang lainnya.

Ketahui > 15 Wisata Di Ubud Bali Memiliki Daya Tarik Dan Keistimewaan

Terletak sekitar 83 km arah barat laut Jepara, di sini Anda bisa melakukan beragam aktivitas yang seru dan menyenangkan, seperti misalnya menyelam, berenang, memancing, snorkeling, atau sekadar bermain pasir di pantai. Tidak hanya itu, Anda juga akan dibuat betah dengan keramahan penduduk setempat.

5). Museum Ronggowarsito – Semarang

Museum Ronggowarsito - Semarang

Tiket masuk dibanderol dengan harga Rp 4.000 (dewasa) dan Rp 2.000 (anak). Museum Ronggowarsito terdiri dari 4 bangunan, masing-masing bangunan mempunyai sejarah yang berbeda. Tak hanya itu, Museum Ronggowarsito cukup menjadi tempat yang bersejarah dan menjadi destinasi pertama saat tiba di kota Semarang.

Museum ini letaknya di dekat Bandara Ahmad Yani. Tepatnya di Jalan Abdulrahman Saleh, Semarang. Di museum ini tersimpan bermacam koleksi dari berbagai jaman yang jumlahnya mencapai 59.814 buah.

6). Dataran Tinggi Dieng – Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng - Wonosobo

Dieng Plateau merupakan sebuah daerah sejuk yang berada di ketinggian 2.000 mdpl, persisnya 30 km dari pusat Kota Wonosobo. Di tempat wisata di Jawa Tengah ini, ada sebuah kawah gunung berapi yang masih aktif. Selain udaranya sejuk dan pemandangannya sangat asri, pengunjung juga bisa melihat sebuah candi Hindu yang terletak di sekitar lokasi.

Tiga objek wisata atau landmark paling memikat yang bisa Anda saksikan di Dataran Tinggi Dieng antara lain Bukit Sikunir, Telaga Warna, dan Sumur Jalatunda yang masing-masing mempunyai legenda yang sangat menarik.

Tempat wisata di Jawa Tengah selanjutnya yang sangat terkenal dan tidak boleh dilewatkan adalah Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau yang terletak di Kabupaten Wonosobo.

7). Masjid Agung Jawa Tengah – Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah - Semarang

Fasilitas lainnya yaitu penginapan dengan 23 kamar. Yang juga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung kemari adalah Menara Al-Husna atau Al-Husna Tower yang tingginya mencapai 99 meter. Menaiki menara ini, kita bisa temukan kafe muslim dengan putaran sampai 360 derajat.

Apabila ingin melihat keindahan Semarang dari ketinggian dapat naik hingga lantai 19, di mana terdapat 5 buah teropong untuk melihat panorama kota.

Gaya arsitektur masjid merupakan campuran dari islam, romawi, dan jawa. Pilar di pelataran masjid jumlahnya 25 buah, lambang nabi dan rasul yang berjumlah 25. Di gerbang, terdapat tulisan 2 kalimat syahadat.

8). Gua Petruk – Kebumen

Gua Petruk - Kebumen

Gua Petruk memiliki panjang kurang lebih 2.000 meter, tapi hanya bisa dijelajahi sampai batas maksimal 350 meter. Gua yang terdapat di atas bukit kapur setinggi 75 meter ini berada di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Letaknya tidak terlalu jauh dari Pantai Ayah yang cantik itu.

Kunjugi > 15 Tempat Wisata Di Malang Terlengkap Wajib Di Coba

Di gua ini, pengunjung akan disuguhi dengan ornamen asli pahatan alam berupa stalaktit dan stalagmit yang tersebar di sepanjang badan gua. Dari stalaktit tersebut, berjatuhan tetesan air kapur. Di gua ini juga terdapat sebuah sendang (kolam pemandian) dan air terjun.

9). Air Terjun Jumog – Solo

Air Terjun Jumog - Solo

Tidak heran wisatawan terus saja berdatangan ke tempat ini, baik itu wisatawan lokal, wisatawan luar kota maupun wisatawan luar negeri yang jatuh cinta dengan keindahan alamnya. Air terjun ini tak kalah menawan dengan Grojogan Sewu. Udaranya sama-sama sejuk, bersih dan berhawa dingin.

Dapat ditempuh 40 km dari Kota Solo. Selain alamnya yang indah, air terjun ini juga menawarkan harga murah untuk tiket masuknya. Yaitu Rp 5000,- per orang. Perlu diingat bahwa harga itu bisa berubah sewaktu-waktu.

10). Pantai Karang Bolong – Kebumen

Pantai Karang Bolong – Kebumen

Pantai ini terkenal bahkan sampai ke mancanegara karena keindahan bukit-bukit karangnya. Selain itu, pengunjung juga bisa berwisata dengan nyaman karena di sini banyak terdapat pohon kelapa yang menambah kesan segar.

Selain terkenal dengan ombaknya yang besar, pantai laut selatan juga populer dengan garis pantainya yang indah. Nah, salah satunya bisa Anda buktikan di Pantai Karang Bolong, Kebumen. Uniknya, mereka akan melakukan upacara khusus untuk meminta keselamatan sebelum melakukan panen air liur walet ini.

Membicarakan Pantai Karang Bolong tentu kurang jika tak membahas rumah-rumah burung walet yang terdapat di dalam gua, yakni Gua Pasir, Karangduwur, dan Karang Bolong. Dalam setahun, para petani walet biasanya melakukan proses panen sebanyak 4 kali.

11). Tawangmangu – Solo

Tawangmangu - Solo

Air terjun dengan panorama indah hijau dan berhawa sejuk ini ada di dekat Gunung Lawu. Bermain di bawah air terjun ini perlu hati-hati dan waspada. Karena banyak bebatuan yang besar dan licin. Tawangmangu merupakan wisata alam yang populer di Solo.

Air terjun ini dikenal juga dengan nama Grojogan Sewu. Tawangmangu terletak di Kabupaten Karanganyar sekitar 37 km arah timur Solo.

Selain menikmati keindahan air terjun dengan percikan air ke badan, di sini kita juga bisa membeli beragam jenis tanaman sebagai oleh-oleh atau menunggang kuda. Tentunya tidak menunggang sendirian, tetapi didampingi perawat kudanya, jadi akan aman. Liburan kemari cocok untuk keluarga.

12). Curug Cipendok – Banyumas

Curug Cipendok - Banyumas

Air terjun ini berada di lereng Gunung Slamet, jadi hawanya sejuk segar. Curug Cipendok dikenal juga dengan sebutan Curug Cilongok. merupakan wisata air terjun dengan tinggi sampai dengan 92 meter. Tidak jauh dari Curug, ada lokasi perkemahan yang biasa dipakai oleh para pencinta alam.

Alamat : Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas.

13). Umbul Ponggok – Klaten

Umbul Ponggok - Klaten

Objek wisata di Jawa Tengah ini sangat populer beberapa tahun belakangan dan pengunjungnya didominasi oleh kalangan anak muda. Kalau Anda ingin berfoto di sini, tak perlu repot membawa segala macam properti, sebab pihak pengelola sudah menyiapkan semuanya untuk Anda, mulai dari sepeda motor, laptop, sampai tenda.

Tidak hanya bisa bermain air, Anda pun bisa menyelam sembari berpose di dalam air. Saking indahnya tempat wisata di Jawa Tengah ini sampai banyak calon pengantin yang menjadikannya lokasi untuk foto prewedding.

Salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang sedang banyak diburu wisatawan adalah Umbul Ponggok yang berada di Klaten. Bagi yang belum tahu, Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam renang raksasa yang dikonsep mirip lautan, lengkap dengan ikan, batu karang, dan segala pernik-perniknya.

14). Telaga Pucung – Banyumas Purwekerto

Telaga Pucung - Banyumas

Obyek wisata ini ditemukan pada tahun 1997. Sebelumnya dipenuhi semak-semak di sekitarnya. Telaga Pucung adalah habitat dari harimau Jawa dan elang Jawa yang sudah langka. Dikelilingi hutan alami, Telaga Pucung dapat jadi salah satu lokasi wisata keluarga yang patut untuk dikunjungi.

Tak hanya itu, lokasi yang memang berada di dekat hutan membuat tempat ini cukup menjadi list bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang, dan juga cocok untuk wisatawan backpacker. Lokasinya masih berada di Banyumas, Purwokerto.

15). Keraton Surakarta Hadiningrat – Solo

Keraton Surakarta Hadiningrat - Solo

Keraton ini dibangun oleh Paku Buwana II pada tahun 1744 silam dan sekarang dikelola oleh Pemerintah Kota Solo menjadi objek wisata sejarah yang ramai dikunjungi wisatawan. Di tempat wisata di Jawa Tengah ini, Anda akan menjumpai barang-barang peninggalan keraton serta fragmen berbagai candi yang terdapat di Jawa Tengah.

Selain dipakai sebagai objek wisata, Keraton Surakarta juga selalu menjadi lokasi aneka gelaran budaya, seperti Suranan, Sekaten, dan peringatan hari besar Islam lainnya. Jika ingin menyaksikan kemeriahan upacara budaya di tempat ini, datanglah pada hari-hari besar Islam, seperti misalnya saat menjelang bulan Ramadan.

16). Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman – Purwokerto

Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman - Purwokerto

Monumen ini didirikan dengan tujuan untuk menghormati jasa dan mengenang Jenderal Sudirman. Sebenarnya Monumen Jenderal Sudirman tak hanya ada di Purwokerto saja, melainkan ada pula di daerah Nganjuk, Jawa Timur.

Hal ini dikarenakan Jenderal Sudirman pernah bergerilya dan memimpin peperangan di wilayah tersebut. Akan tetapi monumen yang paling besar dilengkap juga dengan museum dua lantai tetap berada di Purwokerto.

Alamat : Jalan Soeparno No. 24, Purwokerto

17). Gua Maria Kaliori – Purwokerto

Gua Maria Kaliori - Purwokerto

Tempat ini merupakan wisata ziarah bagi umat katolik. Lokasinya sangat indah dan tenang. Memasuki area Gua Maria, kita serasa berada di hutan sunyi. Semua terasa damai dan menyejukkan hati.

Karena berada di tempat dengan tebing dan pohon-pohon di sekitarnya maka tempat ini cukup tenang untuk menjadi tempat wisata religi bagi umat nasrani. Pemandangan yang indahpun menjadi nilai plus untuk Gua Maria Kaliori.

18). Kampung Batik Laweyan – Solo

Kampung Batik Laweyan - Solo

Menurut penuturan sejarah, warga kampung ini mulai membatik sejak zaman dulu lewat pitutur Kiai Ageng Henis (kakek Panembahan Senopati). Sampai sekarang, warga Kampung Laweyan masih setia dengan hobi dan pekerjaan membatik.

Dari Karanganyar mari bergeser sedikit ke Surakarta, atau yang lebih akrab disebut Solo. Ada banyak objek wisata menarik yang tak boleh dilewatkan ketika berada di sini, salah satunya adalah Kampung Batik Laweyan.

kampung ini sudah ada sejak Kerajaan Pajang memerintah di Jawa Tengah, yakni sekitar abad 16. Selain bisa berbelanja batik Solo asli, di sini Anda juga akan disuguhi keindahan arsitektur bangunan khas Eropa yang kokoh dan megah, terlihat pada rumah-rumah yang dulunya milik para saudagar batik.

19). Pemandian Tirta Husada Kali Bacin – Banyumas

Pemandian Tirta Husada Kali Bacin - Banyumas

Dengan pemandangan yang cukup sejuk yang indah, maka tak heran jika banyak para wisatawan yang ingin berlibur ke tempat ini. Selain untuk relaksasi terhadap tubuh juga sebagai liburan yang simple, dan ringkas.

Pemandian air panas yang memiliki kandungan mineral dan belerang cukup tinggi. Dipercaya banyak orang baik untuk penyembuhan aneka penyakit kulit. Pemandian ini letaknya tidak jauh dari Bendungan Gerak Sungai Serayu. Hanya sekitar 300 meter dari bendungan tersebut.

Alamat : Desa Tambaknegara, Rawalo, Banyumas, Jawa Tengah

20). Batur Agung – Purwokerto

Batur Agung - Purwokerto

Wahana yang bisa dinikmati pada saat berkunjung ke Batur Agung yaitu arung jeram, kebun buah, ATV, situs purbakala, flying fox, water park, kereta mini sampai dengan outbond anak-anak. Alamatnya berada di daerah Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah.

Salah satu obyek wisata alam yang ada di Purwokerto selain Baturraden adalah Batur Agung. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Dari Batur Agung kita dapat menyaksikan panorama alam Kota Purwokerto yang cantik.

21). Gunung Slamet – Purwokerto

Gunung Slamet - Purwokerto

Tingginya mencapai 3.428 meter di atas permukaan air laut. Untuk mendaki Gunung Slamet diperlukan fisik yang kuat dan alat pendakian yang lengkap karena kondisi medannya cukup berat. Gunung ini adalah gunung paling tinggi di Jawa Tengah dan termasuk ke dalam kelompok gunung berapi yang masih aktif.

22). Benteng Vander Wijck – Gombong

Benteng Vander Wijck - Gombong

Memasuki benteng akan banyak ditemukan informasi sejarah tentang Benteng Vander Wijck. Bagi anda yang suka selfie atau fotografi, paling seru mengabadikan foto dari atap Benteng. Bentuk atapnya yang unik, segitiga bertingkat-tingkat, dengan pemandangan sekeliling yang indah, tentu menyenangkan melakukan foto-foto di tempat ini.

Benteng ini dibangun pada masa penjajahan Belanda. Di Benteng Vander Wijck tersedia aneka macam permainan anak dan area bermain. Beberapa diantaranya adalah kereta mini, perahu kayuh, kolam renang, kereta atas benteng (kereta mini yang relnya ada di atap benteng, jadi kereta berjalan memutari atap benteng), dan masih banyak lagi.

23). Grojogan Sewu Tawangmangu – Karanganyar

Grojogan Sewu Tawangmangu - Karanganyar

Tempat wisata di Jawa Tengah ini paling pas dikunjungi saat musim penghujan. Selain udaranya lebih sejuk, debit air yang banyak juga membuat air terjun terlihat makin megah. Banyak juga fasilitas yang disediakan pihak pengelola untuk para pengunjung.

Dari Semarang kita beranjak ke arah timur, tepatnya di Karanganyar. Di kabupaten ini ada sebuah objek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap tahunnya, yaitu Grojogan Sewu Tawangmangu.

Tidak hanya itu, di tempat wisata Jawa Tengah ini mata Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan yang masih sangat asri dan hijau. Bonus poinnya adalah kera-kera yang berkeliaran di lokasi wisata.

24). Pantai Suwuk – Gombong

Pantai Suwuk - Gombong

Warung-warung makan berjajar di tepian pantai dengan area bermain air bagi anak-anak berupa mandi bola dan berenang pun tersedia di sini. Yang ingin menyusuri pantai sambil naik kuda, dapat dilakukan di Pantai Suwuk. Aktivitas lain ketika berada di Pantai Suwuk adalah jelajah pantai, memancing, main pasir, dan sebagainya.

Pantai dengan perbukitan hijau indah di dekatnya dan bebatuan besar mengiasi salah satu sudut pantai, menambah pesona keindahan tempat wisata ini. Suwuk merupakan destinasi wisata pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terlebih ketika musim libur hari raya.

25). Lawang Sewu – Semarang

Lawang Sewu - Semarang

Pada zaman dulu, Lawang Sewu dipakai sebagai kantor pusat perkeretaapian di wilayah Semarang. Tidak heran kalau berkunjung ke sini, Anda akan melihat banyak miniatur kereta yang dipajang di meja yang dilindungi kaca-kaca.

Tepat di depan Lawang Sewu juga terdapat Tugu Muda yang dibangun untuk mengenang pertempuran 5 hari di Semarang. Tugu Muda juga akan lebih seru kalau dikunjungi pada malam hari. Di sekitarnya ada bangku-bangku kecil yang disediakan untuk pengunjung.

Selain Kota Lama, Anda juga bisa menyaksikan bangunan peninggalan zaman kolonial di Lawang Sewu, Semarang. Meskipun namanya Lawang Sewu, bukan berarti bangunan ini memiliki 1.000 pintu. Hanya saja bangunan ini memang memiliki jumlah pintu yang sangat banyak.

26). Teluk Penyu – Cilacap

Teluk Penyu - Cilacap

Obyek wisata ini memiliki luas sekitar 18 hektar. Mengapa dinamai Teluk Penyu ? Menurut cerita yang beredar di masyarakat, dulu banyak penyu yang berkembangbiak dan hidup di pantai ini. Sebabnya adalah keadaan pantainya tak terlalu panas dan jauh dari hewan pemangsa atau pengganggu penyu, sehingga cocok bagi tempat hidup mereka.

Fasilitas yang ada di lokasi wisata Teluk Penyu yaitu area bermain anak, kolam pemancingan, mushala, kios buah dan oleh-oleh khas Cilacap, warung makan seafood, kios yang menjual ikan segar serta ikan asin, dan sebagainya. Setelah berkunjung ke Teluk Penyu.

27). Pemandian Air Panas Krakal – Kebumen

Pemandian Air Panas Krakal - Kebumen

Salah satu obyek wisata di jawa tengah cukup populer dan terkenal adalah Pemandian Krakal. Di tempat ini Anda dapat mandi air hangat belerang. Sangat menyegarkan dan konon bagus untuk mengobati berbagai penyakit kulit.

Menariknya, Pemandian Air Panas Krakal ini di bagi beberapa bagian dan di sekat menyerupai kamar mandi. Jadi, Anda jangan khawatir dan membayangkan satu kolam renang di pergunakan oleh rame-rame. Di dalam kamar di lengkapi gayung dan peralatan lainnya.

Para pengunjung yang ingin mandi air hangat, masuk ke bilik secara bergantian. Dan air belerang akan dialirkan lewat kran lalu ditampung dalam bak mandi. Tetapi di sini dilarang untuk mandi berendam dalam bak.

28). Puri Maerokoco – Semarang

Puri Maerokoco - Semarang

Tempat wisata di Jawa Tengah ini sangat cocok dijadikan destinasi liburan akhir pekan bersama keluarga, terutama untuk si kecil, karena ada banyak wahana menarik yang bisa dicoba, mulai dari perahu, kereta, sepeda air, dan wahana lain yang tak kalah menarik.

Ketahui > 25 Tempat Wisata Unik Di Indonesia Traveller Wajib Dikunjungi

Jika ingin mengenal kebudayaan Jawa Tengah secara menyeluruh, berkunjunglah ke Puri Maerokoco di Semarang. Di Taman Mini Indonesia Indahnya Jawa Tengah ini Anda bisa menyaksikan berbagai jenis kebudayaan khas Jateng seperti pakaian khas, rumah adat, sampai permainan tradisional.

29). Kota Lama – Semarang

Kota Lama – Semarang

Di tempat wisata Jawa Tengah ini, Anda bisa menemukan bangunan-bangunan peninggalan Belanda, seperti Gereja Blenduk, Stasiun Kereta Api Tawang, Jembatan Mberok, PT Pelni, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Polder Air Tawang, dan masih banyak lagi objek wisata menarik Anda jumpai di Kota lama semarang.

Kota Lama Semarang juga dijuluki sebagai The Little Netherland (Belanda Kecil), sebab konsep dan tata kelola tempat di sini sangat mirip dengan salah satu sudut kota di Belanda. Kota Lama sendiri merupakan sebuah kawasan yang oleh pemerintah kolonial dulu dijadikan sebagai pusat perniagaan.

Menjadi salah satu objek wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan ketika berada di Kota Lumpia ini adalah Kota Lama. Para pengunjung bisa singgah ke berbagai tempat makan yang masih sangat berbau Eropa, baik dari bangunannya maupun menu yang ditawarkan.

Salah satunya adalah Toko Oen yang merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Semarang yang paling terkenal. Menu favorit pengunjung di restoran ini adalah es krim. Kalau berada di Kota Lama, jangan lupa mampir ke tempat makan yang satu ini.

30). Pantai Petanahan – Kebumen

Pantai Petanahan - Kebumen

Pantai Petanahan merupakan salah satu pantai yang terletak di Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini belum banyak dikenal oleh wisatawan. Memiliki pasir hitam dengan air laut kebiruan. Berkunjung saat hari biasa atau bahkan akhir pekan, lokasi ini tidak terlalu ramai.

31). Air Terjun Montel – Kudus

Air Terjun Montel - Kudus

Selain menawarkan tempat wisata seru, di dalam area Air terjun terdapat warung makan yang akan membantu Anda mengisi tenaga setelah berjalan-jalan mengelilingi area air terjun ini. Hanya dengan membayar Rp 5 ribu, setiap pengunjung bisa secara bebas mengagumi karya seni ciptaan sang maha pencipta.

Maka dari itu Anda jang heran jika tempat wisata air terjun ini banyak di kunjungi dan di sukai bagi para pengunjung wisatawan untuk melepas segala kejenuhan setelah mengalami aktifitas yang melelahkan. Lokasi wisata ini, apabila dari Makam Sunan Muria, adalah tidak jauh berada tepat di sebelah utaranya.

Selain air terjun dan pemandangan alam yang bisa disaksikan, di sana ada berbagai kios yang menjajakan souvenir bagi para wisatawan yang tidak ingin pulang dengan tangan kosong.

32). Ketep Pass – Magelang

Ketep Pass - Magelang

Ketep Pass merupakan satu lokasi yang sangat pas untuk melihat gunung Merapi dan awan panasnya. Tidak hanya itu saja yang bisa dinikmati di lokasi ini, tapi ada Pelataran Panca Arga, Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, serta Bioskop Mini yang merupakan fasilitas wisata Jawa Timur ini.

Terdapat sebuah Pelataran Panca Arga dan dari sana ada lima buah gunung yang bisa disaksikan melalui teropong yang ada, yaitu Gunung Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro dan Merapi. Satu lagi teropong disediakan di Gardu Pandang yang jelas bisa digunakan untuk mengagumi keindahan alam sekitar.

Alamat : Jl. Blabak, Boyolali Km.16 Ketep, Sawangan, Magelang, Jateng

Harga Tiket Masuk : Senin – Sabtu : Rp.10.500,- Minggu/Libur : Rp.12.500,- Bioskop : Rp.9.000.

33). Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Aktivitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung di museum ini antara lain bangunan stasiun dengan kesan arsitektural Belanda yang masih sangat apik, wisata kereta uap ke arah Stasiun Willem II yang berada di kawasan Jambu, wisata kereta Lori yang memuat sekitar 20 penumpang.

Stasiun Lama di Tuntang dari Stasiun Willem I, segala benda mengandung nilai sejarah yang ada di ruang pameran dipajang dengan rapi, serta pusat cinderamata dan jajan yang berada di sisi stasiun. Semuanya ini tidak boleh dilewatkan begitu saja saat mengiisi liburan Anda dan keluarga di Jawa tengah.

34). Museum R.A. Kartini – Jepara

Museum R.A. Kartini - Jepara

Di museum ini ada empat ruangan yang bisa dijelajahi. Ruang pertama adalah berisi foto R.A Kartini semasa hidup bersama dengan benda-benda peninggalannya. Di ruang kedua wisatawan akan disuguhi dengan benda-benda yang ditinggalkan oleh RMP Sosrokartono.

Berlokasi tidak jauh dari Pendopo Kabupaten, museum ini adalah tempat yang tepat bagi Anda pecinta sejarah dan yang penasaran akan peninggalan R.A. Kartini, berikut juga segala warisan budaya yang berasal dari Jepara.

Benda-benda zaman purbakala dan punya nilai sejarah tinggi serta kerajinan-kerajinan khas Jepara yang populer, seperti anyaman rotan dan bamboo, keramik, batik torso dan ukiran-ukiran dapat di temukan hanya dengan berkunjung ke Museum R.A. Kartini Jepara.

35). Candi Prambanan – Klaten

Candi Prambanan – Klaten

Ketika berkunjung ke tempat wisata di Jawa Tengah ini, Anda tidak hanya akan disuguhi dengan jejak sejarah yang eksotis, tapi juga hijaunya pepohonan yang tumbuh di sekitar area candi. Pun karena terletak di perbatasan, candi ini dikelola secara kerja sama antara DIY dan Jawa Tengah.

Candi Prambanan yang merupakan komplek candi Hindu terbesar di Indonesia pernah mengalami beberapa kali pemugaran, terutama pasca gempa Jogja pada 2006 silam. Meski begitu, kesan asli candi yang bersejarah tetap tidak hilang dari bangunan ini.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Loading...
error: Endeso Sampean !!!