20 Tempat Wisata di Sumedang Menawarkan Keindahan Alam Menawan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tempat Wisata di Sumedang Menawarkan Keindahan Alam Menawan – Sumedang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang berdekatan langsung dengan kabupaten Bandung. Sumedang lebih dikenal dengan kulinernya, yaitu tahu Sumedang.

Namun ternyata, kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini juga memiliki potensi wisata yang memukau. Dikelilingi oleh pegunungan, walau tidak punya wisata laut seperti kabupaten di Jawa barat lainnya, Sumedang bersama bandung punya banyak destinasi wisata alam yang tidak kalah dengan keindahannya.

Tempat Wisata di Sumedang Menawarkan Keindahan Alam Menawan

Tempat wisata alam Sumedang punya beberapa objek wisata curug yang sangat beragam, selain itu ada juga tempat wisata waduk yang tidak kalah indah seperti waduk Jatiluhur di Purwakarta. Sumedang terkenal dengan makanan-makanannya yang sangat khas dan nikmat. Salah satu makanan khas Sumedang yang banyak disukai yaitu tahu Sumedang.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami berbagi info menarik tentang tempat-tempat wisata di Sumedang, yang dapat di jadikan tempat liburan Anda dan keluarga di kala menjelang akhir pekan atau di saat libur Anak-anak sekolah. Berikut.

Tempat Wisata di Sumedang Menawarkan Keindahan Alam Menawan

1). Kampung Karuhun – Sumedang

Kampung Karuhun - Sumedang

Di kawasan berkonsep eco green park ini, tersedia beberapa fasilitas menarik lainnya seperti waterboom dan kolam renang. Bagi masyarakat yang ingin mengadakan pertemuan bisnis atau pesta pernikahan, juga tersedia ruang pertemuan yang dapat di sewa dengan fasilitas sangat terjamin.

Di tempat wisata di Sumedang ini, setiap pengunjung akan diminta menanam bibit tanaman demi kelestarian alam sekitar. Pengelola akan menawarkan kegiatan menanam pohon ini setelah pengunjung membayar tiket masuk. Pengunjung juga diperbolehkan membawa bibit tanaman di bawa pulang.

Kampung Karuhun merupakan eco park-nya Sumedang. Terletak di Desa Citengah, Kampung Karuhun menyajikan suasana alami dengan Sungai Cihonje yang mengalir jernih di tengah-tengahnya.

Selain bisa menikmati suasana alam yang asri, wisatawan juga dapat menikmati aneka permainan menarik, seperti ATV, naik sepeda gunung, futsal lumpur, saung budaya, atau melakukan kegiatan outbound. Tentunya mengisi liburan di Kampung Karuhun Sumedang lebih menyenangkan.

Jangan lupa mencicipi aneka kulinernya. Para wisatawan dapat menyantap aneka macam makanan khas Sumedang, seperti Nasi liwet, Bajigur, Bakso, Colenak, dan aneka kuliner lainnya. Saat menikmati aneka hidangan, wisatawan juga akan disuguhi alunan musik tradisional. Sangat menarik bukan.

2). Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi – Sumedang

Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi - Sumedang

Tempat Wisata Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi Anda bisa merasakan kenyamanan, ketenangan dan ketentraman. Tempat wisata ini sangat cocok sekali di kunjungi bersama keluarga. Karena selain berlibur Anda pun akan dikenakan dengan cara-cara pelestarian lingkungan.

Selain rumah pohon yang bisa Anda singgahi dan tempati. Di taman buru Gunung masigit ini juga Anda akan berjumpa dengan banyak flora dan fauna yang dilindungi. Menawarkan keindahan alam yang indah khas pedesaan serta berhawa sejuk dan juga nyaman.

Lihat Juga:  25 Tempat Wisata Unik Di Indonesia, Traveller Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Sumedang yang sedang hits dan wajib Anda kunjungi di tahun ini adalah Tempat Wisata Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi. Banyak yang bilang tempat wisata ini masuk dalam kawasan wisata kabupaten Bandung tapi tidak sedikit yang bilang jika tempat wisata ini masuk kawasan Sumedang.

3). Situ Cilembang – Sumedang

Situ Cilembang - Sumedang
Situ Cilembang – Sumedang

 

Objek wisata Sumedang yang memiliki keindahan panorama alam yang luar biasa. Lebih familiar dengan sebutan, Situ Cilembang. Saat ini menjadi destinasi wisata alam selanjutnya yang tidak boleh terlewatkan. Objek wisata ini berupa danau yang memiliki warna air kebiruan dan sangatlah bening sebening Kristal.

Warna air dari situ ini seolah-olah seperti warna buatan atau editan potoshop belaka jika terpapang di sebuah foto yang viral di media social. Namun warna biru iru memang warna asli adanya dari situ yang benar-benar memiliki warna biru terang bening serta indah.

Jika tertarik untuk menikmati dan merasakan kesejukan air dari Situ Cilembang, para pengunjung wajib memenuhi syarat tertentu. Salah satunya membayar harga tiket masuk yang terbilang murah meriah dan pastinya terjangkau untuk semua kalangan, berikut rinciannya.

Alamat : Desa hariang, Kecamatan buah dua, Sumedang, Jawa Bara
Harga Tiket Masuk : Rp 3000 – Rp 5000 / Orang

4). Pemandian Air Panas Sekarwangi – Sumedang

Pemandian Air Panas Sekarwangi - Sumedang

Mengisi liburan di Pemandian air panas Sekarwangi dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat wisatawan semakin betah berlama-lama berada di tempat ini. Seperti tersedianya, Penginapan, mushola, Kantin, Klinik, Kolam ikan, serta tempat bermain khusus Anak-anak.

Tempat wisata di Sumedang ini menawarkan keelokan panorama alam dan air hangat yang sangat nyaman untuk berendam. Sumber air panas yang berada di kawasan Conggeang ini juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh karena mengandung zat belerang.

Beberapa khasiat berendam di air panas yang mengandung belerang antara lain menyembuhkan penyakit kulit, menurunkan kadar asam urat, dan mengatasi gejala strok ringan, sering kesemutan, dan penyakit kulit lainnya.

5). Puncak Gunung Tampomas – Sumedang

Puncak Gunung Tampomas - Sumedang

Tempat Wisata Puncak Gunung Tampomas berada di tiga kecamatan Yaitu Buahdua, Conggeang, Pases, Cimalaka, dan Tanjungkerta. Adapun luas keseluruhan area wisata Gunung Tampomas mencapai 1.250 hektar.

Gunung Tampomas merupakan tempat wisata di Sumedang yang cocok bagi para pencinta alam dan pendaki gunung. Gunung yang termasuk ke dalam kawasan taman wisata Gunung Tampomas ini memiliki puncak bernama Sangiang Taraje.

Dari atas Sanging Taraje, para pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan Kota Sumedang. Selain itu ada juga lubang-lubang bekas kawas dan batu-batu besar berwarna hitam yang mengambah keindahan lokasi Gunung Tampomas.

Tidak jauh dari Sangiang Taraje ini juga terdapat destinasi wisata bersejarah, yaitu petilasan Prabu Siliwangi yang disebut Pasarean.

6). Curug Ciputra wangi – Sumedang

Curug Ciputra wangi - Sumedang

Curug Ciputrawangi yang satu ini berada di gunung tampomas ayang terlewati pada jalur pendakian. Keindahan panorama kesejukan alam di Tempat wisata di Sumedang ini akan sangat sayang untuk di lewatkan begitu saja.

Tentunya karena curug ini berada di jalur pendakian gunung, maka untuk akses jalur menuju ke curug ini aksesnya cukup sulit, diperlukan kekuatan trekking yang lebih kuat untuk sampai ke curug ini. Tapi jangan khawatir ketika sampai di lokasi Curug semuanya akan terbayar lunas.

Karena, Curug Ciputrawangi yang memiliki pesona pemandanga sangat indah dan tidak kalah dengan curug-curug lain yang banyak tersebar di tempat wisata Sumedang. Jawa Barat ini.

7). Desa Wisata Pangjugjugan – Sumedang 

Desa Wisata Pangjugjugan - Sumedang

Desa Wisata Pangjugjugan ini tepat berada di Desa Cilembu. Desa ini juga terkenal sebagai penghasil ubi Cilembu, alias ubi madu yang sangat legit jika dibakar dan disajikan dalam keadaan hangat. Selain menikmati ubi Cilembu dan kuliner lainya, pengunjung juga bisa menikmati wisata petik stroberi sepuasnya saat musim panen.

Di dalam kawasan wisata ini juga terdapat ekowisata berupa peternakan Kelinci, Kambing, Sapi perah dan juga sapi potong, pemancingan dan sekolah alam. Untuk mengunjungi kawasan ekowisata, wisatawan tidak dikenakan biaya tambahan lagi.

Pemandangan alam yang cantik disertai suasana yang masih alami membuat kawasan ini menjadi salah satu tempat wisata di Sumedang yang paling populer. Untuk melengkapi pengalaman berwisata alam, di kawasan ini juga tersedia kuda yang bisa ditunggangi, terapi ikan, dan berbagai fasilitas outbound.

Alamat : Desa Cilembu, Sumedang, Jawa Barat

8). Puncak Damar Jati Gede – Sumedang

Puncak Damar Jati Gede - Sumedang

Salah satu tempat wisata di sumedang dengan sebutan Tempat Wisata Puncak damar Jati Gede. Di lokasi tersebut, pengunjung akan di buat santai dan juga nyaman sambili menikmati suasana pemandangan waduk Jati Gede dari ketinggian.

Tempat wisata di Sumedang yang sedang hits ini berada di kawasan Waduk Jati Gede Sumedang. Waduk ini pun terbilang masih sangat muda usianya karena baru di resmikan di pertengahan tahun 2015 silam.

Kini selain menjadi tempat wisata dan juga penampungan air, beberapa spot sekitaran waduk pun di rumah menjadi tempat wisata yang menarik serta sayang jika di lewatkan.

9). Perkebunan Teh Margawindu – Sumedang Selatan

Perkebunan Teh Margawindu - Sumedang Selatan

Tempat Wisata Perkebunan teh margawindu menawarkan pemandangan indah kebun Teh diatas bukit yang indah dan asri. Pemandangan di atas perbukitan serta banyaknya pohon teh di hampir semua kawasan wisata membuat pengunjung tidak akan lelah untuk memandang.

Kawasan kebun teh ini cukup berbeda dengan yang ada di kawasan Puncak, karena letaknya cukup jauh dari jalan raya serta pusat keramaian. Lokasinya berada di Desa Citengah, Sumedang Selatan. Untuk mencapai ke kawasan wisata ini, diperlukan sekitar 30 hingga 45 menit berkendara dari pusat Kota Sumedang.

Baca Juga: 45 Tempat Wisata Di Malang Batu Cocok Untuk Liburan Wajib Dicoba

Ditambah pula dengan kesejukan hawa di sekitarnya, membuat kawasan ini menjadi destinasi ideal untuk rekreasi, refreshing, atau menenangkan diri sejenak dari rutinitas kerja selama seminggu, Di tempat wisata ini, para wisatawan dapat menikmati indahnya hamparan tanaman teh yang menghijau.

10). Parakan Kondang – Sumedang

Parakan Kondang - Sumedang

Parakan Kondang sendiri sebetulnya adalah sebuah tempat pembangkit listrik tenaga air atau PLTA yang berlokasi di Desa Kadujaya Kecamatan Jati Gede Sumedang. Namun seiring waktu berjalan, kawasan PLTA ini menjelma menjadi salah satu tempat wisata menarik yang sering di jadikan tempat nongkrong anak-anak muda sekitar area Desa Kadujaya.

Uniknya terletak di area wisata Parakan Kondang, yaitu. Terdapat sebuah jembatan gantung yang menghubungkan satu kampung sebagai satu-satunya jalan alternatif agar mempermudah akses jalan menuju kampung yang lainnya.

Jembatan gantung tersebut meawarkan pemandangan alam yang cukup luar biasa, di lengkapi udara alam sekitar terasa sejuk dan menyegarkan. Dan kini menjadi incaran banyak orang khususnya pengguna media sosial yang ingin selalu pamer foto bagus di instagramnya.

11). Mata Air Cikandung – Sumedang

Mata Air Cikandung - Sumedang

Jernihnya Mata Air Cikandung serta panorama alam sekitar yang sangat indah membuat kawasan mata air ini menjadi salah satu tempat wisata di Sumedang cukup banyak di minati para pengunjung, terutama anak muda dan remaja sekitar, terlebih jika menjelang liburan anak sekolah.

Tempat wisata menawarkan konsep alam alami, berlokasi di Dusun Sukasari Desa Nyalindung Kecamatan Cimalaka Sumedang. Di tempat ini, aliran mata airnya telah membentuk sebuah kolam dengan ukuran lebar sekitar 10 meter dan mengalir menjadi ke sungai kecil. Kedalaman Air sekitar lutut orang dewasa atau sekitar 1 Meter.

12). Curug Cipongkor – Sumedang Selatan

Curug Cipongkor - Sumedang

Curug Cipongkor menjadi satu diantara banyaknya tempat wisata baru di Sumedang yang belum terdaftar resmi di dinas pariwisata Sumedang. Karena itulah bagi siapa saja yang mau kesini tidak di pungut biaya apapun alias gratiss.

Bertempat di Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan, Curug Cipongkor masih belum banyak di kenal dan dikunjungi para wisatawan. Keindahan serta tingginya air terjun di kawasan wisata ini, membuat Curug Cipongkor sangat sayang jika tidak di kunjungi.

13). Curug Sabuk – Sumedang Selatan

Curug Sabuk - Sumedang Selatan

Curug Sabuk yang berlokasi di kawasan Gunung Kareumbi tepatnya di Dusun Nangkorank, Desa Margamekar Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Merupakan salah satu tempat wisata di Sumedang sangat populer yang tersembunyi dan belum di banyak di kunjungi para pengunjung.

Letaknya yang berada di tengah hutan, membuat curug ini sulit untuk diakses, namun bagi Anda yang penasaran ada baiknya menyewa pemandu wisata atau warga desa yang sudah tahu seluk beluk curug Sabuk tersebut. Agar memudahkan Anda lebih cepat dan aman menuju lokasi Curug Sabuk ini.

14). Curug Sinulang – Sumedang 

Curug Sinulang - Sumedang

Tempat wisata yang satu ini bisa dikatakan lebih dekat ke Bandung dan lebih dekat ke Sumedang. Banyak orang yang bilang jika Curug Cinulang masuk dalam kawasan Bandung, namun tak sedikit juga yang bilang Curug Cinulang ini masuk kawasan Sumedang.

Berdebat dengan itu semua keindahan dan panoroma alam curug Cinulang tidak perlu di ragukan lagi. Curug Cinulang sendiri bisa Anda akses dengan mudah melalui jalur tepatnya di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang.

15). Curug Cigorobog – Sumedang 

Curug Cigorobog - Sumedang

Tempat wisata di Sumedang Curug Cigorobog mempunyai tiga tingkat curug yang punya lebar serta debit air yang berbeda-beda. Tingakatan curug inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung serta cocok mengisi waktu liburan akhir pekan.

Curug Cogorobog bisa dikatakan curug yang tidak pernah sepi dari wisatawan. Aksesnya yang mudah serta panorama alam yang indah membuat curug ini primadona sebagai salah satu tempat wisata di Sumedang cukup populer serta hits sampai saat ini.

Lokasinya : Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Sumedang, Jawa Barat

16). Kampung Toga – Sumedang

Kampung Toga - Sumedang

Kampung toga berada di ketinggian 650 dpl dengan suasana sejuk nan asri. Fasilitas yang ditawarkan pada wisata ini adalah olahraga ekstrem paralayang, gantole, persewaan sepeda gunung, serta berbagai macam kegiatan outbond yang seru.

Di kawasan Kampung ini juga memiliki suasana pedesaan yang segar karena terdapat sungai yang sangat jernih dan airnya sangat dingin serta segar, terlebih lagi hamparan sawah yang menghijau seperti karpet menambah keindahan panorama Kampung toga sebagai tempat wisata menarik.

Lihat Juga > 15 Tempat Wisata Kepulauan Seribu Menawarkan Pantai Memukau

Kegiatan wisata sangat cocok untuk dilakukan ketika berada di Kampung toga yaitu bermain Arung jeram, Raffting, Hiking, Paint ball, dan memancing di danau buatan. Kampung toga menjadi paket lengkap untuk menghabiskan liburan bersama keluarga Anda.

Alamat : Jl. Makam Cut Nyak Dien, Gn Puyuh, Desa Sukajaya, Sumedang Selatan, Jawa Barat
Telepon : (0265) 206567

17). Pemandian Cipanas Cileungsi – Sumedang 

Pemandian Cipanas Cileungsi - Sumedang

Destinasi wisata yang satu ini terletak tidak jauh dari Sumber Air Panas Sekarwangi. Pemandian ini juga menawarkan air panas yang alami dan menyegarkan. Hanya saja kandungan belerang dalam air panas di pemandian ini cukup tinggi.

Oleh karena itu, banyak orang yang menjadikan tempat wisata di Sumedang ini sebagai salah satu media pengobatan alternatif untuk berbagai penyakit kulit dan penyakit lainnya.

18). Kampung Nangorak – Sumedang Timur

Kampung Nangorak - Sumedang Timur

Kampung nangorak menjadi pilihan utama bagi wisatawan yang menyukai wisata alam. Berada pada ketinggian 800-1000 dpl menjadikan wisata Kampung ini memiliki suasana kesejukan yang dingin dan segar untuk dinikmati serta tempatnya yang nyaman dan murah meriah.

Di tempat wisata sumedang ini banyak kegiatan edukasi yang bisa dilakukan oleh para wisatawan seperti menanam aneka jenis tanaman, memetik strawberry, tersedia pula kolam pemancingan, dan bisa juga melakukan trekking dan camping di daerah sekitar lokasi Kampung wisata ini.

Akses jalan dari alun-alun kota Sumedang hanya berjarak 6 km, namun karena kondisi jalan yang sempit dan menanjak membuat perjalanan menuju wisata Kampung tersebut menjadi lama. Di butuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk sampai ke wisata yang satu ini.

19). Batu Dua Gunung Lingga – Sumedang

Batu Dua Gunung Lingga - Sumedang

Keunggulan Batu Dua bila dibandingkan lokasi olahraga paralayang lainnya yakni adanya beberapa titik geotermal. Titik tersebut mengeluarkan gas alami yang mampu membuat paralayang terbang di ketinggian lebih lama. Selain itu, didukung pula oleh embusan angin yang membuat pemain paralayang dapat melakukan manuver cantik.

Tidak heran, Batu Dua pun menjadi tempat favorit para pencinta olahraga ekstrem ini. Batu Dua merupakan dataran luas dan rata yang berada pada ketinggian sekitar 930 mdpl, tepatnya berada di kawasan Gunung Lingga Kecamatan Cisitu.

Bukan sekadar menyajikan lanskap yang memukau, lereng gunung ini juga menjadi lokasi olahraga paralayang. Batu Dua pernah menjadi lokasi ajang bergengsi pra-Piala Dunia Paralayang pada tahun 2013.

Batu Dua juga memiliki destinasi wisata budaya dan sejarah, yaitu makam Raja Sumedang pertama, Prabu Tajimalela. Di tempat wisata di Sumedang ini juga terdapat bumi perkemahan Gunung Lingga yang telah dilengkapi berbagai fasilitas outbound seperti misalnya flying fox.

20). Cijambu Tanjungsari – Sumedang 

Cijambu Tanjungsari - Sumedang

Lokasi tempat wisata Cijambu Tanjungsari berada di Desa Cijambu, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata rumah pohon di Sumedang yang baru di buka beberapa tahun kemarin. Adapun cikal bakal terbentuknya kawasan wisata rumah pohon di Cijambu ini tak lepas dari peran Pemdes Cijambu itu sendiri.

Kini dengan panorama alam yang indah mulai dari banyaknya pohon pinus serta rumah pohon yang ada di desa Cijambu tersebut, membuat banyak orang khususnya pemuda dan pemudi dari Sumedang saling berdatangan.

Disini selain menikmati keindahan alamnya dari Rumah Pohon, pengunjung juga bisa bersantai dengan memasang hammock di pohon-pohon pinus.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Wisata Lainya

Loading...
error: Endeso Sampean !!!