20 Tempat Wisata Curug di Bogor Jawabarat Layak Dikunjungi

Tempat Wisata Curug di Bogor Jawabarat Layak Dikunjungi – Liburan ke kota bogor dengan objek wisata air terjun (Curug) tentunya terdapat banyak pilihannya, dengan menawarkan pemandangan alam yang mempesona serta udara yang begitu sejuk dan asri tidak dapat di pungkiri setiap menjelang akhir pekan banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati wisata air terjun yang berada di kota bogor.

Wisatawan yang ingin merasakan liburan untuk sekedar melepas kesibukan oleh rutinitas kerja yang setiap hari di kerjakan tidak ada salahnya berkunjung ke tempat wisata yang berada di wilayah bogor jawabarat. Terdapat banyak pilihan tempat wisata air terjun atau sering di sebut Curug istilah memakai bahasa sunda.

Wisata air terjun atau curug di bogor

Dan pada kesempatan ini blogafhuk.com akan berbagi info tentang tempat wisata air terjun yang berada di wilayah bogor dan sekitarnya. Beberapa tempat dari daftar nama curug di bawah sudah pernah dikunjungi.

Berikut Daftar Tempat Wisata Curug Di Bogor Yang Dapat Dikunjungi :

1.) Curug Ngumpet

Terletak di Kecamatan Pamajihan, curug ini berjarak sekitaran 38 km dari pusat kota Bogor. Dengan tinggi yang mencapai sekitar 45 meter. Curug ini diberi nama Ngumpet memakai bahasa sunda yang artinya bersembunyi.

Seakan-akan wisata air terjun ini terlihat malu memamerkan segi keindahan dan kecantikanya sebab sesampainya para pengunjung ke Curug Ngumpet akan di suguhkan keindahan alam yang cukup menawan dan tebing-tebing tinggi menjulang ke angkasa.

Akses menuju lokasi air terjun ini tidak terlalu sulit walupun terbilang cukup jauh dari pusat kota bogor, karena sudah beberapa kali mengalami renovasi agar mempermudah akses menuju tempat ini. Lokasinya masih di area Gunung Salak Bogor.

Harga tiket masuk Rp 5000 /Orang, Dari pintu masuk atau loket pengunjung harus menempuh jarak sekitar 100 meter untuk dapat mencapai lokasi Curug Ngumpet.

2). Curug Cilember

Curug Cilember salah satu tempat wisata air terjun yang tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi jika Anda sedang berada di daerah cisarua bogor. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 1000 meter, diatas permukaan laut.

Obyek wisata ini sudah terkenal di kalangan wisatawan karena menawarkan keindahan alam yang begitu memukau serta di lengkapi dengan suasana alam yang begitu sejuk dan udara di sekitar area Curug Cilember begitu sejuk dan asri.

Suhu udara bisa mencapai 20 derajat Celsius. Pengunjung yang ingin menikmati pemandangan dan berenang di curug ini di kenakan tarif masuk sekiatar Rp 12.000 /Orang.

Alamat : Jl. Raya Puncak KM. 15, Megamendung, Cisarua, Bogor, Jawa Barat

3). Curug Nangka

Tempat wisata alam ini berada di daerah wisata air terjun Ciapus yang memiliki 3 tingkatan air terjun dengan ketinggian masing-masing meraih 10 sampai 20 meter. Pemandangan yang cantik di tawarkan oleh curug ini dengan tinggi mencapai 750 mtr.

Walaupun sekarang ini keadaannya kurang begitu terawat karena banyak sekali pengunjung yang datang tidak mengindahkan peraturan yang sudah di tetapkan pengelola tempat wisata Curug Nangka. Seperti buang sampah sembarangan.

Untuk pengunjung yang ingin merasakan makanan khas dari jawabarat tidak perlu khawatir karena masih di area Curug Nangka sudah tersedia warung-warung makan yang siap memanjakan perut yang sedang keroncongan.

Untuk harga tiket masuk pengunjung di kenakan biaya sebesar Rp 5000 /Orang, masih di tambah tiket masuk ke taman nasional gungung halimun serta di kenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 3000 untuk mobil, dan Rp 2000 untuk kendaraan roda dua (motor).

Alamat : Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawabarat

4). Curug Tujuh

Curug Tujuh yang berlokasi di daerah cilember bogor jawabarat, berjarak kurang lebih 20 km dari pusat kota bogor. Wisatawan akan di suguhkan dengan keindahan air terjun yang berjumlah 7 curug (Air terjun).

Selain pengunjung dapat menyaksikan hamparan air terjun yang jatuh menghempas ke seluruh area sekitar wisata ini, tidak hanya itu pengunjung di manjakan dengan terdapatnya sebuah taman cantik nan indah aktivitas yang bisa dilakukan seperti duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan sekitar yang mempesona.

Pengunjung juga dapat memilih beragam suvenir unik khas dari tempat wisata Curug Tujuh yang dapat di jadikan oleh-oleh. Tidak lupa juga tersedianya tempat-tempat makan yang menawarkan aneka menu makanan khas sunda yang memiliki rasa yang nikmat, sebuah pengalaman yang seru dapat di temukan dengan mengunjungi wisata Curug Tujuh.

Untuk harga tiket masuk area wisata Curug Tujuh pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 12.00 /Orang, untuk pengnjung yang membawa kendaraan pribadi kenakan tarif sebesar Rp 5000 untuk mobil dan Rp 2000. Dan fasilitas pendukung seperti toilet pengunjung dikenakan biaya Rp 2000.

5). Curug Naga

Curug Naga memang tidak terlalu familiar di kalangan wisatawan, lokasinya berada di daerah mega mendung bogor jawabarat. Namun, tempat ini menawarkan tantangan bagi siapa saja yang tengah berkunjung ke tempat ini.

Karena, pengunjung harus terlebih dahulu melalui sungai dengan panjang mencapai 100 meter. agar lebih dapat menikmati hempasan air terjun pengunjung juga harus turun dengan jalur yang sudah disediakan. Tetapi akses menuju dasar air terjun tidak mudah dan cukup berliku.

Untuk mengunjung tempat wisata Curug Naga di sarankan tidak membawa anak-anak dan orang lanjut usia. Sesampainya di area Curug Naga pengunjung akan menemukan suasana yang menakjubkan dengan pemandangan alam alami dan asri.

Utuk harga tiket masuk ke area Curug Naga pengunjung di kenakan biaya sebesar Rp 9000 /Orang, Ada beragam wahana yang dapat di nikmati serta dijelajahi dengan beli tiket sesuai sama paket yang dikehendaki.

6). Curug Cikaracak

Berwisata ke kota Bogor baiknya tidak melewatkan untuk menjejakkan kaki di Curug Cikaracak yang memiliki 2 air terjun, diman air terjun tersebut memiliki tinggi mencapai 20 sampai 40 meter. Dengan aliran air yang deras tetapi begitu bersih dan bening sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang ke tempat ini.

Lokasinya masih termasuk didalam area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Curug Cikaracak bertempat di Dusun Cibeling, Desa Cinagara, dan Kecamatan Caringin. Jarak tempuh kurang lebih 15 km dari Ciawi – Bogor.

7). Curug Pangeran

Lokasi wisata curug ini terbilang masih sepi dengan pengunjung, untuk menikmati liburan yang tenang dengan berada di suasana alam terbuka yang indah serta udara yang bersih dan sejuk Curug Pangeran adalah salah satu pilihan di rekomendasikan blogafhuk untuk dikunjungi.

Beberapa wisatawan mesti mempersiapkan fisik karena jarak tempuh menuju lokasi curug ini terbilang jauh kira-kira bisa mencapai 500 mtr. Tetapi jangan khawatir sesampainya di lokasi Curug Pangeran rasa lelah dalam perjalanan akan terbayar lunas.

Dan akses jalan menuju curug ini cukup mudah untuk di lalui oleh semua kalangan, dan di dalam perjalanan pengunjung akan di tawarkan pemandangan alam yang indah serta sering terdengar suara-suara burung bernyanyi selama perjalanan. Tiket masuk untuk menikmati Curug Pangeran pengunjung di kenakan biaya sebesar Rp 15.000 / Orang.

Alamat : Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Gn. Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat

8). Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo bertempat di Kampung Wangun Cileungsi, Sentul, Bogor. Air terjun ini mempunyai nama lain yang lebih populer di kalangan masyarakat sekitar yaitu Curug Bengkok. Air yang berada di curug ini akan terlihat hijau lumut dan tentunya menyegarkan bagi siapa saja yang tengah berenang di tempat ini.

Curug ini memang memiliki ukuran yang kecil apa bila di bandingkan dengan curug-curug lainya yang berada di daerah bogor. Oleh sebab itu sering di sebut oleh warga sekitar dengan nama curug mini.

Pengunjung yang ingin menikmati berenang di Curug Leuwi Hejo di kenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5000 /orang. Untuk parkir kendaraan Rp 5000 untuk kendaraan roda dua sedangkan untuk kendaraan roda empat di kenakan biaya Rp 15.000.

Alamat : Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat

9). Curug Panjang

Curug Panjang salah satu tempat wisata yang berada di daerah mega mendung – bogor sangat cocok untuk di kunjungi bersama keluarga, dan juga dapat memacu andernalin bagi wisatawan yang datang ke tempat ini.

Tempat ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang cukup baik dan terjamin dalam keamanan dan kenyamanannya, untuk para keluarga yang tinggal di sekitar sentul city bogor Curug Panjang menjadi referensi untuk di jadikan tempat liburan seru bersama keluarga tercinta.

Untuk mencapai lokasi air terjun terbilang cukup mudah karena setelah menemukan Masjid Mega Mendung tidak terlalu jauh untuk menemukan lokasi Curug Panjang ini. Harga tiket masuk ke area curug ini pengunjung harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 12.000 /orang.

Dan jam oprasional Curug Panjang pada hari senin sampai jum’at mulai buka pada pukul 07:00 pagi sampai pikul 04:00 sore hari. Sedangkan untuk hari libur atau akhir pekan Curug Panjang beroprasi 24 jam full, karena menyediakan waktu bagi wisatawan yang ingin bermalam.

10). Curug Cipamingkis

Satu lagi tempat wisata alam yang harus dikunjungi. Curug Cipamingkis, Curug yang ada di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor ini salah satu diantara obyek wisata yang masuk dalam area jalur Puncak.

Curug yang dikelola KPH Perhutani Bogor ini mempunyai pesona air terjun yang sangat elok serta indah. Suhu udara yang ada pada kisaran 17-20 celcius ini membuat semakin sejuk. Curug Cipamingkis menawarkan potensi yang lain, seperti rimba pinur, ruang berkemah, jogging track, outbond dan yang lainya.

Harga tiket masuk Curug Cipamingkis ini memang termasuk murah, yaitu Rp10. 000 per orang. Untuk pengunjung yang memakai kendaraan, akan dikenakan biaya parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor serta Rp 4.000 untuk kendaraan mobil.

Alamat : Jonggol, Sukamakmur, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat

11). Curug Cibadak

Masih di dalam area kota Bogor, ada satu desa bernama Loji dimana pengunjung akan menemukan air terjun yang menarik untuk di jadikan tempat rekreasi bersama keluarga, Curug Cibadak itulah nama wisata ini bukan sekedar panorama air terjun yang apik di tawarkan ditempat ini.

Selain dapat menikmati keindahan air terjun pengunjung juga dapat melihat-lihat penangkaran elang. Anda penggemar wisata alam yang memiliki tantangan obyek wisata Curug Cibadak ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Pengunjung di kenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5000 /Orang untuk menikmati suasana wisata alam nan indah.

12). Curug Seribu

Curug Seribu merupakan salah satu pilihan tempat wisata air terjun yang penuh dengan tantangan, karena medannya yang licin serta cukup curam hanya jalan setapak akses satu-satunya rute yang harus di tempuh untuk menuju tempat wisata Curug Seribu ini.

Pesona alam paling utama dari tempat wisata ini yaitu memiliki ketinggiannya hingga 100 mtr. dengan besarnya curahan air yang mengagumkan. Tempat ini dinamakan Curug Seribu karena waktu melakukan perjalanan hingga mencapai tempat ini.

Akan melihat dan menemukan air terjun yang bentuknya kecil-kecil dan memiliki jumlah yang banyak. Dan sesampainya di tempat ini cobalah untuk mandi dan rasakan derasnya air yang jatuh tepat di punggung, Anda akan merasakan terapi pijat alami dengan menggunakan air terjun tersebut.

Untuk tiket masuk ke Curug Seribu pengunjung di kenakan biaya sebesar Rp 5000 /Orang.

13). Curug Cihurang

Curug Cihurang merupakan tempat wisata di Bogor yang layak Anda kunjungi karena memiliki dua curug dan masing-masing memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Ada yang memiliki ketinggian lebih kurang 890 meter dari atas permukaan air laut.

Curug Cihurang ini begitu terawat serta bersih sehingga membuat kekaguman wisatawan tidak ada habisnya. Aktivitas lainya, pengunjung dapat juga mengabadikan momen pada saat berada di tempat ini dengan backround pemandangan alam dan air terjun yang menawan sepanjang mata memandang.

Untuk yang tertarik serta menginginkan berfoto selfie coba berkunjung ke tempat ini di Kecamatan Pamijahan, tepatnya di Desa Gunung Picung. Harga tiket masuk yang harus di keluarkan Rp 3000 /Orang, dan tiket masuk Rp 7000 untuk masuk ke lokasi Wisata Gunung Salak.

14). Curug Cigamea

Lokasi curug ini berada di kecamatan pamajihan satu lokasi dengan Curug Ngumpet, air terjun yang dipenuhi dengan bebatuan berwarna hitam ini ada di lokasi Gunung Salak Endah. Pemandangan indah akan lebih terasa menikmati liburan yang lebih mengasyikan, karena menawarkan 2 curug sekaligus dapat di nikmati.

Curug yang satu aliran airnya yang jatuh dari tebing curam dimana airnya tidak terlalu deras, dan curug yang satunya lagi mempunyai aliran air yang cukup deras dengan ketinggian yang berbeda – beda.

Curug Cigamea di buka untuk umum mulai dari jam 07:00 sampai jam 05:300 WIB, dan setiap pengunjung di kenakan biaya tiket masuk berkisar Rp 7000 /Orang untuk hari senin sampai hari jum’at, sedangkan pada hari sabtu, minggu serta hari libur nasional pengunjung di kenakan biaya Rp 20.000 /Orang.

Alamat : Jl. Curug Cigamea, Gn. Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat

15). Curug Luhur

Curug Luhur lokasinya berada di daerah Ciomas, yang tepatnya ada di Desa Gunung Malang Tapos, apabila Anda tidak membawa kendaraan sendiri, dan memakai kendaraan umum dapat mengambil rute dari terminal kampung rambutan lalu lanjut menuju Terminal Baranangsiang.

Lalu ke Ramayana lantas ke Ciapus dan di sarankan jangan lupa untuk menyampaikan ke pada supir angkot tempat yang Anda tuju agar lebih memudahkan Anda menemukan lokasi tempat wisata Curug Luhur tersebut.

Ketinggian air terjun kurang lebih mencapai 624 meter, dan terdapat dua pilihan air terjun yang dapat Anda kunjungi di area Curug Luhur ini. Untuk tiket masuk pengunjung di kenakan biaya Rp 40.000 /Orang, dan biaya lainya seperti parkir kendaraan untuk sepeda motor Rp 5000,. dan kendaraan roda empat Rp 20.000.

Alamat : Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat

16). Curug Bidadari

Curug Bidadari merupakan sebuah curug yang sudah dikelola sedemikian rupa untuk menjadi sebuah destinasi wisata keluarga. Sebuah kolam buatan yang airnya berasal dari aliran air terjun dibuat sebagai tempat bermain untuk anak-anak. Meski begitu, kesan alami masih dapat kita lihat di sekitar air terjun karna tepat dibawah air terjun juga terbentuk sebuah kolam alami.

Bongkahan batu besar yang berada persis di depan air terjun menjadi ciri Curug Bidadari. Air terjun ini memiliki debet air yang cukup tinggi. Tingginya sekitar 45 meter. Lokasi Curug Bidadari berada di kawasan wisata Sentul Paradise Park.

Air terjun ini awalnya bernama Curug Bojongkoneng karna lokasinya berada di Desa Bojongkoneng. Namun, setelah dikelola Sentul Paradise Park namanya kemudian berubah menjadi Curug Bidadari Sentul Paradise Park atau lebih disebut sebagai Curug Bidadari.

Alamat : Sentul City, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat
Tiket masuk Rp 30.000 /Orang

17). Curug Ciismun

Curug yang satu ini berada di kawasan Kebun Raya Cibodas. Jika Anda sedang liburan ke daerah cibodas tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk berkunjung dan berenang di Curug Ciismun.

Curug ini memiliki tinggi sekitar 50 meter. Debetnya tidak terlalu tinggi namun cukup menarik untuk dikunjungi dan menawarkan pemandangan alam yang memukau dengan suasana alam yang begitu sejuk dan bersih dengan di sekeliling air terjun dipenuhi oleh batu-batu alam yang sering digunakan para pengunjung untuk berfoto selfie.

18). Curug Kembar

Berada di kawasan Puncak ada sebuah air terjun yang keberadaannya mugkin belum Anda ketahui. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Curug Kembar. Lokasinya berada di Desa Batulayang.

Ada 5 buah air terjun yang berada di kawasan ini yang masing-masing tidak terlalu tinggi namun cukup menarik karena memiliki air yang jernih dimana pengunjung bisa bermain-main dan berenang di air yang jernih dan juga bersih.

Untuk sampai ke lokasi air terjun kita harus trekking melewati track yang lumayan merepotkan. Nama curug ini mungkin diambil dari dua buah air terjun disana yang letaknya saling berdekatan satu sama lain.

19). Curug Macan

Curug Macan tempat wisata air terjun yang tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi, karena selain menawarkan keindahan alam yang begitu asri dan air terjunya begitu indah serta akses jalan menuju ke curug mudah di lalui oleh semua kalangan.

Mudah untuk dikunjungi karena jalur trekkingnya hanya 200 meter saja. Air terjun tidak terlalu tinggi, kira-kira tingginya sekitar 5 m yang langsung jatuh ke Sungai Cikaniki.

Alamat : Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Malasari, Nanggung, Bogor, Jawa Barat

20). Curug Rahong

Akses masuk ke area Curug Rahong dengan jalan kaki, Kendaraan bermotor ditempatkan dipenitipan. Jalan masuk menyusuri perkampungan warga di pinggiran sungai. Untuk biaya tiket masuk terbilang sangat murah meriah.

Jalan menuju ke air terjun merupakan jalan setapak hampir dipastikan tidak bisa dilewati kendaraan seperti sepeda motor apa lagi kendaraan roda empat, jika berbicara tentang keindahan alam di sekitar wisata Curug Rahong tidak kalah menarik dari curug-curug lain yang berada di kota bogor jawabarat.

Alamat : Rengasjajar, Cigudeg, Bogor, Jawabarat
Tiket masuk : Rp 4000 / Orang
Biaya Parkir : Rp 3000 /Motor – Rp 7000 / mobil

Itulah daftar 20 Tempat Wisata Curug di Bogor Jawabarat Layak Dikunjungi dan semoga menjadi referensi bagi Anda yang mempunyai rencana mengisi liburan bersama keluarga tercinta.

Wisata Lainya

User Review
0 (0 votes)
Loading...
error: Endeso Sampean !!!