15 Wisata Kuliner Enak Dan Nikmat Di Jakarta

DKI jakarta menjadi primadona bagi masyarakat seluruh indonesia untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah, dengan kata lain banyak sekali pilihan untuk masyarakat memenuhi hasrat wisata kuliner enak serta nikmat di jakarta.

Aneka kuliner lezat dan nikmat juga menjadi ciri khas dari Ibu Kota Negara Indonesia ini. Dari berbagai olahan kuliner dari sabang sampai maroke tidak sulit untuk di temukan di berbagai daerah DKI ini, meliputi jakarta pusat, jakarta barat, jakarta timur, jakarta selatan, sampai jakarta utara.

Wisata Kuliner Enak Dan Nikmat Di Jakarta

Untuk itu pada kesempatan ini blogafhuk.com akan berbagi informasi tentang tempat-tempat wisata kuliner enak dan nikmat di jakarta di rekomendasikan hanya untuk Anda yang suka sekali menjajal dan menikmati beragam sajian kuliner yang berasal dari nusantara.

1). Pondok Djaja

Sebagai rumah makan Padang pertama di Jakarta, Pondok Djaja menawarkan sajian menu dengan citarasa yang orisinal. Menurut pemiliknya, Sjoffian Chaedir yang saat ini sudah berusia 84 tahun, semua menu yang ada di tempatnya, dimasak oleh istrinya yang saat ini sudah berumur 85 tahun.

Suasana dan ruang tempat makan yang menggugah selera juga sangat berpengaruh. Pondok Djaja misalnya, rumah makan yang berada di kawasan Petojo Utara, Jakarta Pusat ini memiliki suasana klasik dan otentik.

Pondok Djaja ini merupakan rumah makan Padang pertama yang ada di Jakarta. Tempat kuliner Jakarta ini sudah berdiri sejak tahun 1969. Menu andalan yang selalu laris diburu oleh pengunjung adalah ayam goreng serundeng yang biasa dimakan dengan sambal goreng petai.

Bukan hanya resepnya saja yang sangat asli, cara memasak yang dilakukan juga masih terbilang tradisional. Hal tersebut yang kemudian menjadi ciri khas dari rumah makan terkenal ini.

Alamat : JL. Hasyim Asyari No. 13B, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat.

2). Ketan Susu Kemayoran

Makanan yang satu ini bisa juga dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Ketan biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut. Ada juga yang biasa memakannya dengan sambal kacang.

Namun, berbeda dengan ketan yang disajikan di warung ketan susu bapak Sudarja yang berada di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat. Selain disajikan dengan parutan kelapa, ketan juga disajikan dengan susu kental manis.

Perpaduan rasa gurih dari parutan kelapa dan manisnya susu kental manis akan membuat Anda langsung ketagihan. Ketan susu ini lebih nikmat disantap ketika masih hangat. Dan juga di lengkapi dengan aneka gorengan, seperti tempe goreng dan pisang goreng.

Alamat : JL. Kemayoran Gempol No. 18, Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat (Perempatan JL. Garuda dan JL. Angkasa).

3). Gado-Gado Cemara

Gado-gado merupakan salah satu kuliner khas dari Kota Jakarta. Salah satu warung gado-gado favorit yang ada di Jakarta adalah Gado-Gado Cemara yang ada di Tanah Abang. Tempat kuliner Jakarta yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1947 dan kini dikelola oleh generasi ketiga.

Tadinya, warung gado-gado ini memang terletak di Jalan Cemara, namun kemudian pindah ke daerah Pasar Boplo lalu pindah lagi ke daerah Jalan Wahid Hasyim dan terakhir menetap di daerah Tanah Abang.

Kelezatan dari Gado-Gado Cemara ada pada bumbu kacangnya yang terasa gurih dan ringan. Bumbunya juga tidak terlalu kental karena menggunakan kacang tanah sebagai bahan utama bumbunya dengan campuran sedikit kacang mede sebagai penguat rasa dan aroma.

Alamat : JL. Tanah Abang V No. 36, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

4). Soto Betawi Haji Amir

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki soto khasnya sendiri yang tentunya menggunakan bahan dan bumbu yang berbeda. Jakarta sendiri juga memiliki soto khas yang dikenal dengan soto Betawi.

Soto ini berisi potongan daging dan jeroan dengan kuah santan yang segar ditambah dengan potongan tomat dan emping sebagai bahan pelengkapnya. Soto Betawi Haji Amir ini memang memiliki rasa yang mantap, terutama rasa dari kuah santannya yang terasa ringan dan gurih.

Sebelum disajikan, daging pada soto digoreng terlebih dahulu agar terasa lebih empuk saat digigit. Satu porsi soto betawi di rumah makan ini dihargai mulai dari Rp19.000.

Alamat : JL. Danau Sunter Utara, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

5). Soto Padang H. St. Mangkuto

Salah satu kedai soto Padang yang terkenal di Jakarta adalah Soto Padang H. St. Mangkuto yang berada di Jalan Pintu Air Raya No. 26. Tempat kuliner Jakarta ini sudah berdiri sejak tahun 1966 dan saat ini telah dipegang oleh generasi ketiga.

Meskipun pengelolanya sudah sampai tiga generasi, tetapi cita rasa soto yang disajikan tetap tidak berubah dari masa ke masa. Kuliner khas minang kabau memang sudah terkenal kelezatannya. Proses memasaknya juga diketahui memiliki nilai-nilai filosofi tersendiri.

Selain rendang, sambal balado, dan gulai pakis, masakan minang yang juga tidak kalah nikmat adalah soto. Orang-orang di luar masyarakat minang biasa menyebutnya dengan nama soto Padang.

Soto padang ini biasanya disajikan dalam mangkok kecil yang bersisi sohun, irisan daging sapi yang digoreng kering, perkedal kentang, dan taburan daun bawang yang disiram dengan kuah bening yang segar, yang pasti rasanya maknyus dan nikmat.

Alamat : JL. Pintu Air Raya No. 26, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

6). Ikan Nila Goreng Pak Ono

Rumah makan Ikan Nila Goreng Pak Ono merupakan tempat kuliner Jakarta favorit yang berada di kawasan Jakarta Barat. Lokasinya yang strategis, yaitu berada di Jalan Pesanggrahan Raya membuatnya sangat mudah diakses oleh para pengunjung.

Tempatnya yang luas membuat rumah makan ini terasa sangat nyaman. Menu andalan rumah makan ini adalah ikan nila goreng dan bakar. Agar terdengar lebih menarik, nama menu yang ada di sini juga dibuat unik, seperti ikan nila tempur nano-nano.

Menu ini sebenarnya adalah ikan nila goreng yang dibumbui dengan saus asam manis yang segar dan terasa khas rumah makan Pak Ono. Menu lain yang bisa dipesan di tempat ini antara lain adalah sayur asem, cah kangkung, dan ikan gurami goreng, dan tentunya masih banyak lagi.

Alamat : JL. Pesanggrahan Raya, Kembangan, Jakarta Barat.

7). Ayam Goreng Kalasan Ny. Winarsi

Ayam goreng Kalasan merupakan ayam goreng yang menggunakan racikan bumbu khusus yang berasal dari daerah Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Tidak sulit untuk menemukan rumah makan atau restoran yang menyajikan menu ayam goreng Kalasan di Jakarta.

Salah satunya adalah rumah makan Ayam Goreng Kalasan Ny. Winarsi yang ada di daerah Jatinegara, Jakarta Timur. Ayam yang digunakan merupakan ayam kampung asli sehingga menghasilkan daging ayam dengan rasa yang gurih dan manis.

Daging ayam yang diolah sampai empuk juga menambah nikmat ketika bersantap. Selain ayam, ada juga nasi uduk dan soto betawi yang bisa dipesan untuk dimakan bersama dengan ayam Kalasan. Dan juga tersedia aneka minuman segar sebagai pelangkap santap makan pengunjung.

Alamat : JL. Raya Jatinegara Timur No. 29A, Jatinegara, Jakarta Timur.

8). Ikan Bakar Ujung Pandang

Para penikmat kuliner nusantara terutama pecinta makanan Sea food wajib berkunjung ke restoran Ikan Bakar Ujung Pandang yang berdiri sejak tahun 1979, sudah terkenal di kalangan para wisata kuliner ingin menikmati hidangan laut sepuasnya.

Restoran dengan jargon fresh seafood ini selalu ramai pada malam hari. Jadi, harap bersabar jika harus menunggu cukup lama untuk mendapatkan tempat duduk ketika berkunjung ke tempat wisata kuliner Jakarta ini.

Menu yang tersedia di restoran ini di antaranya ikan kudu-kudu goreng tepung, ikan itang bakar rica-rica, udang pancet bakar, kerang dara rebus, dan menu hidangan laut lainnya.

Selain seafood, tersedia juga pilihan sambal yang terdiri dari sambal mangga dan sambal terasi serta sambal khusus otak-otak.

Alamat : JL. Gandaria I No. 5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

9). Rumah Makan Pagi Sore

Rumah Makan Pagi Sore, yang berada di kawasan Cipete ini merupakan salah satu rumah makan Padang favorit yang ada di Jakarta. Rumah makan ini merupakan cabang dari Rumah Makan Pagi Sore yang ada di Palembang.

Pelayanan cukup memuaskan dan juga sigap mengisi meja makan dengan berbagai menu yang ada. Tenang saja, pelayan hanya akan menghitung menu yang kita santap saja, tidak menghitung seluruh menu yang dikeluarkan.

Menu yang wajib dicoba ketika berkunjung ke sini adalah Rendang dan Ayam di masak dengan di goreng dan di lengkapi bumbu berbagai olahan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing para pengunjungnya.

Selain di Cipete, tempat kuliner Jakarta ini juga ada di daerah Rawamangun, Jakarta Timur.

Alamat : JL. Cipete Raya No. 2, Cipete, Cilandak, Jakarta Selatan.

10). Sate Tulang Eldorado

Kedai ini dibuka pertama kali pada tahun 1999 di daerah Kelapa Gading, tepatnya di pelataran parkir Apartemen Wisma Gading Permai. Sate Tulang Eldorado merupakan kedai kuliner khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Berbeda dengan sate pada umumnya yang berupa potongan daging ayam atau kambing yang dibakar, di tempat wisata kuliner Jakarta ini malah kebalikannya justru tulang-tulang yang nantinya akan di bakar untuk di jadikan sate.

Tulang yang digunakan sebagai bahan baku sate diambil dari bagian punggung ayam muda yang berusia sektiar satu bulan. Jadi, tidak perlu khawatir akan kesusahan untuk memakan sate unik yang satu ini.

Sate kemudian disajikan dengan bumbu khusus yang berbeda dengan bumbu pada sate ayam atau sate kambing biasa. Bumbu yang digunakan rasanya mirip saus sambal botolan dengan rasa manis, asam, dan pedas.

Selain sate tulang, menu khas Banjarmasin lain juga ada di kedai ini, seperti misalnya ayam bumbu Banjar, gangan asam ikan patin, bandeng bakar, dan soto khas Banjar.

Alamat : JL. Boulevard Raya Kelapa Gading, Apt. Wisma Gading Permai, Jakarta Utara.

11). Warmindo Abang Adek

Warung ini biasanya memang menjual olahan mie instan berbagai rasa dari merek indomie. Selain mie, ada pula roti panggang, pisang panggang, bubur ayam, bubur kacang hijau dan ketan hitam, serta aneka gorengan.

Menu indomie pedas fenomenal yang ada di warung ini terbagi menjadi beberapa tingkat kepedasan, seperti misalnya pedas sedang dengan 10 cabai, pedas dengan 30 cabai, garuk dengan 50 cabai, pedas gila dengan 75 cabai, dan pedas mampus dengan 100 cabai.

Meskipun sangat pedas, tetapi justru menu mampuslah yang paling banyak dipesan di tempat makan ini. Jangan heran jika banyak pengunjung yang berteriak-teriak kepedasan ketika sedang menyantap indomie pedas mampus khas warung Abang Adek ini.

Alamat : JL. Mandala Utara, Tomang, Grogol, Jakarta Barat.

12.) Bakmi Sakaw Cafe Dermaga

Olahan bakmi khas dari Cafe Dermaga ini memang memiliki rasa pedas hingga dapat membuat yang memakannya menjadi sakaw. Namun, jika tidak ingin sampai sakaw, Anda dapat memilih tingkat kepedasan sesuai selera.

Bukan hanya narkoba saja yang membuat sakaw dan ketagihan, bakmi juga ternyata membuat penikmatnya menjadi sakaw dan hilang kontrol.

Kenikmatan bersantap di Cafe Dermaga ini semakin bertambah karena pemadangan laut yang dapat dinikmati langsung dari dalam ruangan Cafe. Suasananya yang nyaman seperti sedang berada di rumah sendiri juga membuat pengunjung betah berlama-lama.

Alamat : JL. Pantai Mutiara, Penjaringan, Pluit, Jakarta Utara.

13). Tahu Pong Semarang

Tahu pong adalah salah satu kuliner khas Kota Semarang yang sudah ada sejak tahun 1930-an. Kuliner ini merupakan satu dari banyaknya hidangan hasil perpaduan antara budaya peranakan dan budaya Jawa.

Kata pong sendiri berasal dari kata kopong atau kosong. Irisan tahu kosong tersebut biasanya disajikan dengan gimbal (mirip dengan bakwan), tahu emplek yang merupakan tahu yang lebih padat, dan telur.

Irisan tahu pong dan bahan pelengkap lain biasa disantap dengan menggunakan kuah petis dengan rasa bumbu yang mantap.

Kedai tahu pong yang cukup terkenal adalah Kedai Tahu Pong Semarang & Ayam Goreng Kalasan yang berada di Jalan Hayam Wuruk. Jakarta. Meskipun hanya kedai kaki lima, tetapi tempat kuliner Jakarta ini selalu ramai dipadati pengunjung setiap harinya.

Tahu pong yang ada di kedai ini ditawarkan dalam beberapa menu, seperti misalnya tahu pong saja, tahu pong gimbal, tahu pong emplek, tahu pong emplek gimbal, tahu pong telur, dan paket komplet.

Alamat : JL. Hayam Wuruk, Harmoni, Jakarta Pusat.

14). Bakmi Inti Lampung

Wisata kuliner Jakarta ini memang sangat terkenal di daerah asalnya, yaitu Lampung. Di Jakarta sendiri, bakmi inti Lampung telah dibuka sejak tahun 1988. Kedai bakmi inti menempati sebuah ruko lama di Jalan Tanjung Duren Barat.

Meskipun berada di ruko lama, tetapi kedai bakmi ini tidak pernah sepi pengunjung. Pada akhir pekan biasanya pengunjung kedai meningkat, hal ini karena hanya pada waktu tersebut, tersedia menu mie lebar.

Pilihan menu bakmi yang ada di tempat ini terbilang standar, sama seperti kedai-kedai bakmi lainnya. Ada bakmi ayam pangsit rebus, bakmi ayam pangsit goreng dan bakmi ayam bakso.

Namun, begitu bakmi tersaji di meja, selera makan Anda akan meningkat hanya dengan mencium aromanya saja. Mie yang digunakan tergolong kecil, tetapi kenyal dan tidak lembek. Kelezatan bakmi semakin terasa dengan adanya taburan daging ayam cincang yang ada di atasnya.

Alamat : JL. Tanjung Duren Barat No. 12A, Grogol, Jakarta Barat.

15). Rempah-rempah

Sejak zaman dahulu di indonesia memang dikenal sebagai negara penghasil rempah-rempah terbesar. Tidak heran jika banyak kuliner khas Indonesia juga memiliki bumbu yang kaya akan rempah.

Restoran dengan bangunan bergaya kolonial ini memiliki resep keluarga turun-temurun selama lebih dari 60 tahun. Menu khas Indonesia andalan yang ada di tempat kuliner Jakarta ini di antaranya sup senggang halimah, ikan arsik, ayam goreng rempah, dan bebek goreng bengil.

Untuk minumannya sendiri, tersedia es biji salak pacar cina, dan aneka jus segar yang menggugah selera. Di tempat wisata kuliner ini, para pengunjung dapat mencicipi kekayaan kuliner seluruh Indonesia dan tidak perlu pergi jauh-jauh.

Alamat : JL. Senopati No. 60, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Wisata Lainya

Loading...
error: Endeso Sampean !!!